Panduan Mencari Souvenir Pernikahan

paankbilang.blogspot, Menikah. Kata indah yang bagi sebagian orang agak 'ribet' untuk diwujudkan. Setelah mengalami sendiri, saya kemudian sepakat dengan mereka. Menikah tak sekedar melulu penyatuan dua orang, dua hati, dua keluarga, dua adat, dan/atau dua-dua yang lain. Ada hal yang terlihat sepele namun berpengaruh besar pada bargaining position kedua mempelai beserta keluarga: Perayaan!

Perayaan moment pernikahan, menurut saya sebagai tamu, yang terpenting adalah hidangan dan souvenir pernikahan. Hidangan sebagai 'teman' saat menghadiri runtutan acara, dan souvenir sebagai pengingat hari bahagia teman kita. Saya pikir banyak yang sepakat dengan pendapat ini. Sepanjang pengetahuan dan pengalaman pribadi saya, setelah pulang dari kondangan yang paling lazim dibicarakan adalah hidangan dan souvenir dari si pengantin. Saran saya, jangan sembarangan memilih souvenir pernikahan karena benda ini mempunyai nilai magis yang berumur panjang. Artinya, semakin bagus dan awet benda yang anda jadikan souvenir maka momen pernikahan anda semakin melekat di ingatan kawan-kawan anda.

Sebagai mantan manten dan tamu kondangan berpengalaman (caelah!) beberapa hal berikut perlu anda pertimbangkan benar-benar dalam memilih souvenir pernikahan (saya urutkan menurut skala prioritas):

1. Unik
Souvenir yang pasaran tidak akan mengesankan para tamu. Seberapa mahal pun "benda" itu. Kategori unik bisa saja anda gunakan skala: langka (tapi jangan gunakan komodo atau orangutan sebagai souvenir yua?), anda belum pernah menerima, dan (agak) tidak lazim.


2. Fungsional

Idealnya souvenir pernikahan tidak cukup hanya sebagai tanda mata. Jika memungkinkan pilih yang mempunyai fungsi, walaupun misalnya hanya sebagai gantungan kunci. Tanpa meninggalkan faktor unik, usahakan souvenir pilihan anda mempunyai manfaat bagi para tamu anda. Tentu anda lebih paham (profesi) apa dan siapa tamu anda. Tapi saya tidak menyarankan anda menggunakan kartu kredit sebagai souvenir!

3. Berkarakter
Saya tidak akan membahas masalah pendidikan karakter yang sedang marak dibicarakan. Berkarakter yang saya maksud adalah bisa mencirikan anda dan pasangan dan/atau darimana anda berasal. Dan, kalau bisa jangan meninggalkan faktor nomer 1 dan nomer 2.


4. Kualitas Souvenir
Untuk memastikan kualitas souvenir pernikahan, anda dapat bertanya pada teman, mencari di internet, meneliti track record tempat anda memesan, dan popularitasnya. Popularitas penting lho, pertimbangannya, kalo barangnya nggak berkualitas pasti konsumen lari daaaan... gulung tikar.


5. Murah
Ini pertimbangan terakhir. Ini juga penting. Terutama jika anda ingin memesan dalam jumlah yang banyak. Yang juga perlu anda perhatikan adalah kemudahan bertransaksi. Jangan sampai anda yang harusnya "bersenang-senang" dengan perayaan pernikahan justru dipusingkan dengan pesanan souvenir yang tak datang-datang. Saran saya, pesanlah langsung ke produsen handycraft agar jelas deal-dealnya. Jika anda terbioasa dengan e-commerce dan hendak memesan via internet sebaiknya anda juga mencari tahu track record tempat anda memesan. Carilah yang di websitenya mencantumkan alamat lengkap, mulai dari email, nomer telepon, SMS, dan mengijinkan anda untuk bertanya jawab maupun sekedar bertanya.

Sekiranya itu yang bisa saya tulis sebagai bahan pertimbangan bagi anda untuk berburu souvenir pernikahan. Faktor-faktor yang saya tulis diatas bukan skala mutlak. Masih banyak pertimbangan lain mengingat selera orang juga bermacam-macam. semoga artikel ini membantu.


Top Blogs jika anda suka dengan blog ini, dan,jangan lupa ninggalin comment sama isi buku tamu yaa

4 komentar:

Bikin Souvenir said...

Semua jenis souvenir yang mamang produksi bisa dengan desain custom ataupun dengan desain yang sudah ada.

Cocok untuk :
SOUVENIR PERNIKAHAN
SOUVENIR PROMOSI PERUSAHAAN
SOUVENIR PARIWISATA
SOUVENIR TOUR AND TRAVEL
SOUVENIR KOMUNITAS DAN KELAS
DSB

Jadi tunggu apalagi bro n sis,.. Souvenir Pernikahan

Plakat Akrilik Murah said...

nice share, but..
pernikahan tidak hanya fokus pada acaranya saja, memang ijab qabul itu sakral tapi setalah acara pernikahan itulah kehidupan sesungguhnya

Souvenir

http://rentalsewabdg.blogspot.com/ said...

terimakasih atas tulisannya dan panduannya

Unknown said...

poin No. 5 saya suka ..:) MURAH, ini yg jadi fokus utama

Post a Comment

Semoga dengan ini, hidup kita semakin lebih baik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ideas Community